Gelar Karya UPK 2013 : Masuk Melinjo, Keluar Emping

IMG_20130426_185834_0

H. Sigi Suwitaro (tengah) memberi pengarahaan dalam penutupan Rakor PNPM MPd Prov. Banten

Acara Gelar Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM Mandiri Perdesaan Provinsi Banten yang bakal digelar bulan Mei mendatang akan menjadi istimewa. Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Desa (BPPMD) Provinsi Banten Sigit Suwitarto mengatakan, kegiatan itu tidak hanya menampilkan stand-stand pameran seperti yang sudah-sudah.

“Kita juga ingin menampilkan teknologi tepat guna yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan produktivitas dan mendukung perekomonian masyarakat,” ujar Sigit pada penutupan Rakor PNPM Mandiri Perdesaan Provinsi Banten, di Hotel Mahadria, Kota Serang, Jumat (26/4/2013).

Teknolkogi tepat guna yang dimaksud antara lain mesin-mesin pengolahan hasil pertanian yang berkemampuan tinggi namun mudah diaplikasikan oleh masyarakat.

“Contohnya, mesin pengolahan melinjo. Salah satunya nanti, anda bisa melihat masuk melinjo keluar emping,” katanya memberi contoh.  Ia juga mengungkapkan, selain diikuti UPK-UPK yang ada di Provinsi Banten, pihaknya juga akan mengundang perwakilan dari Provinsi DKI, Jawa Barat dan Lampung sebagai peninjau.  Dengan demikian, diharapkan akan terjadi transaksi yang saling menguntungkan.

Disamping itu, kata Sigit, kita akan melihat berapa uang yang beredar selama acara yang berlangsumg 4 hari itu. Menurut pengalaman, ketika mengadakan kegiatan sejenis di Kabupaten Lebak selama 2 hari tahun lalu, uang yang beredar mencapai lebih dari Rp. 4 miliar.  Angka itu diperkirakan akan meningkat pada Gebyar UPK yang bakal digelar 21-24 Mei 2013 nanti di Kabupaten Serang.(iec)

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s