Tersangka Korupsi PNPM MPd Baros Ditahan

Illustrasi

Illustrasi

Tersangka kasus dugaan korupsi PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, ditahan Kejaksaan Negeri Serang, Senin malalm (13/5/2013).  Fasilitator Kecamatan (FK) berinisial Yl yang sudah dipecat itu disangkakan telah melakukan tindakan manipulasi kelompok Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP)  tahun anggaran 2010 – 2011 sehingga merugikan keuangan Negara senilai sekitar Rp. 1 miliar.  Tersangka dijemput di kediamannya, Komplek Lopang Indah Kota Serang.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Serang Triono Rahyudi kepada pers membenarkan penahanan atas tersangka Y di Rutan Serang. Menyusul penahanan tersangka, Pihak kejari Serang pun bersiap melakukan penyitaan alat-alat bukti yang diperlukan.

Penetapan Yl sebagai tersangka dilakukan bersamaan ketika penanganan perkara ini masuk dalam tahap penyidikan pada 22 September 2012. Yl ditahan karena dianggap tidak kooperatif dan dikhawatirkan akan menghambat penyidikan. Yl dikhawatirkan akan melarikan diri, menghilangkan barang bukti atau mengulangi perbuatannya. Pihak Kejari sudah memeriksa sejumlah saksi diantaranya dari Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Baros, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Desa (BPPMD) Banten, serta Fasilitator Kabupaten Serang dan saksi-saksi lainnya. Kejari Serang juga menggunakan hasil audit BPKP sebagai acuan untuk menjerat tersangka.

Akibat yang lebih parah darinya perbuatan tersangka  Kecamatan Baros kena sanksi lokal yang mengakibatkan tidak mendapatkan alokasi dana PNPM-MP  pada tahun 2012.  (*)

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s